Friday, May 1, 2009

Orang Sunda dan Huruf F


Seorang teman pernah bertanya, "Ceps, katanya orang Sunda gak bisa ngomong 'f'?". Saya bilang: PITNAH ITU !!!!. Coba digoogling deh, ketikkan kalimat ini: orang sunda f. Hasilnya, Anda akan menemukan 271.000 entry (per tanggal 1 April 2009 pukul 13.49 WIB).

Jawabannya simpel, karena kosa kata bahasa Sunda asli gak ada yang berawalan f atau v. Gak percaya? Beli kamus Bahasa Sunda, adakah kata yang berawalan huruf f atau v di kamus itu?. Kalaupun ada kata yang berawalan huruf f atau v mungkin kata itu mendapat pengaruh dari bahasa asing. Kalau kita telisik lebih jauh, kosa kata bahasa Sunda buhun (nenek moyang orang Sunda) berasal dari kalimat: Ha Na Ca Ra Ka Da Ta Sa Wa La Pa Da Ja Ya Nya Ma Ga Ba Ta Nga. Gak ada kan huruf f atau v yang nongol?

Tidak hanya itu saja, beberapa huruf konsonan latin lainnya juga tidak ada dalam kosa kata asli bahasa Sunda, seperti huruf 'z', 'q', dan 'x'. Dan kalaupun ada, mendapat pengaruh dari bahasa asing (contoh:'zapin' jadi 'japin'= 'ngigel' = menari).

Ternyata, bukan orang Sunda saja yang mengalami kesulitan dengan lafal huruf f atau v. Bukankah orang Jepang juga mengalami kesulitan dengan lafal huruf l dan mengucapkannya dengan huruf r? Gak percaya? Lihat disini.

Jadi, sekarang kalau ada orang nanya, "Kenapa orang Arab gak bisa bilang 'p'?". Bisa dong jawab? Ya, karena dalam kosa kata mereka gak ada kata yang berawalan huruf p. Buat yang pernah belajar bahasa Arab, dari ke 25 huruf hijaiyah ada gak huruf p? ada juga huruf fa (f).

No comments: